Cara Masuk ke BIOS Windows 10/Windows 7 di Semua Merek Laptop

Share This Post...

BIOS yang merupakan singkatan dari Basic Input Output System pada dasarnya adalah sebuah chip ROM yang berisi instruksi yang diperlukan untuk melakukan operasi inisialisasi perangkat keras selama proses boot-up.

Bagian BIOS juga merupakan tempat Anda bisa mendapatkan sejumlah opsi untuk mengubah cara komputer boot bersama dengan beberapa pengaturan keamanan dan juga daya lainnya.

Semua hal tersebut juga sangat penting untuk kita dapat mengakses bagian BIOS kalau-kalau Anda perlu mengutak-atik pengaturan hardware atau proses boot default.

Masuk ke BIOS juga menjadi keharusan ketika Anda perlu mengekstrak secara maksimal dari pengaturan hardware yang ada.

Namun, terlepas dari betapa pentingnya untuk bisa akses ke BIOS, seringkali yang terjadi ialah bukan itu masalahnya. Dan alasannya mungkin beragam, baik dari software maupun hardware.

Yang dijelaskan di bawah sini adalah panduan dan juga langkah-langkah untuk bisa masuk ke BIOS pada beberapa merek PC atau laptop Windows paling terkenal seperti HP, Dell, Asus, dan Acer.

Cara Masuk ke BIOS di Windows 7 dan Windows 10

1. Masuk ke BIOS di Laptop HP

masuk ke bios laptop HP

Matikan PC atau Laptop, tunggu beberapa detik dan nyalakan kembali. Saat layar pertama menyala, mulailah menekan tombol F10 pada keyboard berulang kali hingga layar BIOS ditampilkan.

Langkah di atas berlaku untuk PC atau laptop yang telah diinstal sebelumnya dengan OS Windows, yang merupakan perangkat yang diproduksi pada tahun 2006 atau yang lebih baru.

Untuk PC atau laptop yang diproduksi sebelum tahun 2006, tekan F1 berulang kali selama proses booting untuk masuk ke BIOS.

2. Masuk ke BIOS di Laptop Dell

masuk ke bios laptop Dell

Matikan PC atau laptop dan hidupkan kembali setelah menunggu beberapa detik. Saat laptop yang mana layar pertamanya ditampilkan, tekan tombol F2 terus menerus sampai layar BIOS ditampilkan.

Metode lain adalah mulai dengan menekan tombol F2 saat keyboard telah diaktifkan.

Catatan: Dell memperingatkan agar tidak menekan dan menahan tombol F2 karena hal ini dapat membuat sistem menafsirkannya sebagai kunci macet. Oleh karena itu, tekan saja F2 berulang kali.

3. Masuk ke BIOS di Laptop Asus

masuk ke bios laptop Asus

Matikan PC atau laptop, tunggu beberapa detik. Tekan dan tahan tombol F2 di keyboard, lalu klik tombol Power sekali. Terus tahan tombol Power hingga layar BIOS ditampilkan.

4. Masuk ke BIOS di Laptop Acer

masuk ke bios laptop Acer

Caranya sebenarnya mirip seperti pada laptop Asus. Tekan dan tahan tombol F2 dan klik tombol power. Terus tahan tombol F2 hingga tampilan BIOS muncul.

Atau jika cara di atas tidak bekerja, coba tekan tombol F2 saja segera begitu laptop mulai dihidupkan.

5. Masuk ke BIOS di Windows 10

Caranya yaitu:

  • Buka Setting dengan menekan tombol Windows + I dan pilih menu Update & Security.
  • Di halaman Update & Security, pilih Recovery dari daftar opsi di panel sebelah kiri.
  • Di bawah opsi Advanced startup, pilih Restart Now (Hal ini akan mem-boot ulang PC untuk meluncurkan serangkaian opsi menu khusus).
  • Pilih Troubleshoot dan pilih Advanced options.
  • Dari daftar Advanced Options yang tersedia, pilih UEFI Firmware Settings.
  • Anda selanjutnya akan diarahkan ke halaman UEFI Firmware settings.
  • Klik tombol Restart yang ada di sana.
  • Maka nantinya PC atau laptop anda akan di restart dan akan meluncurkan mode tampilan BIOS.

Karena Windows 10 secara inheren dirancang untuk boot lebih cepat, maka hampir tidak ada ruang untuk penekanan tombol seperti F1 atau F2 untuk mendaftarkan respons apa pun ketika laptop mulai dihidupkan layaknya pada Windows 7.

Tetapi untungnya, pihak Microsoft telah memastikan ada cara yang lebih mudah untuk mengakses BIOS pada Windows 10 meskipun Anda pastinya harus me-restart PC lebih dahulu sebelum melakukannya.

6. Masuk ke BIOS di Windows 7

masuk ke bios laptop windows 7

Akses ke mode BIOS di Windows 7 mungkin terbilang sedikit rumit karena Anda harus mengatur waktu yang tepat. Anda hanya punya waktu sebelum Windows dimuat sepenuhnya untuk mengakses dan masuk ke BIOS.

Jika Anda melewatkan waktunya untuk akses BIOS, maka mau tidak mau Anda harus memulai dari awal lagi dengan me-reboot PC Anda. Selain itu, produsen laptop yang berbeda menetapkan tombol keyboard yang berbeda sebagai hotkey untuk bisa masuk ke BIOS.

Jika Anda masih menjalankan Windows 7, Anda perlu tahu bahwa Microsoft menarik dukungannya untuk OS ini dan mereka tidak lagi mengeluarkan pembaruan untuk versi tersebut. Oleh karena itu, menggunakannya dapat berisiko bagi keamanan sistem keamanan laptop atau PC Anda.

Anda harus memperbarui PC Anda ke versi terakhir yaitu Windows 10 dan melakukan pembaruan yang diperlukan untuk keamanan laptop Anda.

Jadi, panduan untuk masuk ke BIOS pada Windows 7 sengaja saya skip karena saya anggap saja sudah usang. Waktunya pindah ke Windows 10 sekarang juga!

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.
Articles: 41

Leave a Reply