Cara Mengatasi File ZIP yang Rusak (Corrupt) Setelah Diunduh

Banyak pengguna menjelaskan bahwa mereka berada dalam posisi yang tidak menguntungkan karena ingin membuka file ZIP, hal itu di karenakan file tersebut rupanya rusak setelah didownload.

Tentu saja hal tersebut semakin membuat kita frustrasi karena ZIP yang sama tampaknya bisa terbuka dengan benar untuk orang lain. Itu pertanda bahwa masalahnya mungkin bukan pada file aslinya.

Kerusakan dapat terjadi selama pengunduhan atau bahkan di kemudian hari, dalam penyimpanan. Oleh karena itu, kemungkinan besar ini terkait dengan pengarsip file Anda, antivirus yang Anda gunakan, dan mungkin hal-hal lainnya.

Lihat saja tips lengkap yang akan saya berikan di bawah ini yang dapat segera menyelesaikan masalah seperti di atas tersebut.

Bagaimana Cara Memperbaiki File ZIP yang Rusak (Corrupt)?

1. Coba Pakai WinZip

Bayangkan diri Anda menghadapi situasi yang sama saat mengunduh file ZIP berukuran besar, mencoba mengekstraknya, dan akhirnya mendapatkan pemberitahuan file tersebut rusak (corrupt) yang sama terus berulang kali.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan Anda menggunakan file archiver yang andal, seperti yang dikembangkan oleh WinZip Computing.

WinZip dapat dengan mudah menyelesaikan pengunduhan dan unzip semua format file utama, termasuk zip, rar, gzip tar, dan cab, sementara data pribadi Anda dapat dilindungi kata sandi dan dienkripsi dengan enkripsi AES 256-bit.

Keuntungan yang sangat berguna lainnya adalah fleksibilitas maksimum untuk file dan folder zip, pengelolaan file yang mudah di sistem Anda, cloud, dan jaringan, serta kemampuan decoding untuk file B64, HQX, dan UUE.

 Download WinZip

2. Coba Gunakan Browser Opera

Pilihan lainnya adalah mencoba sesuatu yang baru. Saya merkomendasikan browser web berbasis Chromium yang tidak dapat mengecewakan dan tidak pernah menghalangi Anda untuk menikmati file ZIP.

Opera menjamin kinerja yang cepat, mode hemat baterai yang praktis, VPN built-in, dan yang terbaik dari semuanya yaitu tidak akan ada file yang rusak (corrupt) merupakan bagian dari kelebihan Opera.

Jika Anda takut dengan perubahan tersebut, izinkan saya mengingatkan bahwa Anda akan secara otomatis diminta untuk mengimpor semua data dari browser lama.

Opera

Apakah file ZIP Anda rusak setelah diunduh? Mungkin itu masalah terkait browser, jadi jangan ragu untuk mencoba Opera!

3. Periksa Antivirus Anda

Malware komputer, Trojan, dan worm dapat dengan mudah merusak komputer pribadi Anda, mencuri data pribadi, dan hal buruk lainnya. Jadi menggunakan antivirus adalah hal yang wajib.

Namun, jika antivirus pilihan Anda secara perlahan memeriksa file yang Anda unduh sedikit demi sedikit, itu dapat menunda seluruh proses dan menyebabkan masalah file ZIP rusak.

Matikan dulu sementara antivirus yang sedang aktif agar bisa melanjutkan proses membuka dan ekstrak file ZIP.

Atau opsi lainnya yaitu menggunakan Antivirus Bitdefender

Internet saat ini menyediakan berbagai gerbang terbuka untuk serangan virus, namun Bitdefender menutup semuanya.

Alasannya karena berkat mekanisme pembaruan harian yang tidak ada duanya dari definisi basis data antivirus, belum lagi kecepatannya dan tidak pernah mengganggu sistem Anda.

Ini terjadi sepanjang waktu saat menggunakan antivirus lain, jadi perubahannya kemungkinan besar terdengar seperti musik di telinga Anda.

 Download Bitdefender Antivirus Plus

4. Mengkonfigurasi Internet Explorer

  1. Klik Start dan buka Control Panel.
  2. Jangan ragu untuk mengubah Control Panel view jika dalam tampilan Category view
  3. Selanjutnya, buka Internet Options dari Control Panel.
  4. Klik tab Advanced.
  5. Jika sudah, hapus centang pada kotak HTTP 1.1.
  6. Konfirmasikan tindakan Anda dengan mengklik OK.

Internet Explorer dulunya adalah peramban web paling populer, namun banyak hal telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut juga akibat telah berhasil digantikan oleh Microsoft Edge sebagai browser default di Windows 10, dengan janji produktivitas browsing terus menerus dari ponsel Anda ke PC.

Jadi, jika Anda masih memiliki Internet Explorer, perhatikan pasti nantinya sering menyebabkan berbagai macam masalah. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba mengkonfigurasi Internet Explorer seperti yang dijelaskan di atas atau beralih ke Opera jika tidak mau ribet.

5. Verifikasi Koneksi Internet

Alasan umum lainnya untuk masalah ini yaitu adalah kurangnya kecepatan Internet yang stabil untuk pengunduhan file ZIP itu sendiri.

Untungnya, Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi atau tool Internet Speed Tester untuk Windows 10 supaya bisa mendapatkan jawaban yang tepat yang dapat menentukan apa saja penyebabnya.

Ada banyak kok aplikasinya, silahkan cari saja. Download dan gunakan salah satunya. (Kedepannya mungkin akan saya buatkan postingan list rekomendasi aplikasi Internet Speed Tester tersebut buat kalian, di tunggu yaa).

Jika Anda menemukan masalah koneksi Internet yang tidak stabil, bisa dipastikan akan berpengaruh ketika mengunduh file ZIP. Selain itu, jangan ragu untuk memastikan kabel Anda tidak rusak.

Itulah beberapa solusi yang paling berguna yang bisa saya sarankan untuk dicoba oleh kamu dan semua orang ketika file ZIP rusak setelah di download.

Sebenernya ada 1 cara atau tips lainnya, tapi mengingat cara tersebut lumayan susah dipraktekkan oleh sebagian mayoritas orang, maka cukup 5 itu saja yang saya bagikan. Namun jika di antara kamu ada menemukan tips lainnya, bisa share disini melalui kolom komentar di bawah ini.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.
Articles: 41

Leave a Reply