Cara Mengatasi Kamera “Whatsapp” yang Error

Penyebab kamera whatsapp error dipengaruhi oleh dua kemungkinan. Yang pertama adalah sektor hardware. Penjelasannya adalah :

Periksa Kamera Ponsel

Yang harus Anda lakukan hanyalah memeriksa fungsi modul kamera smartphone. Sebelum melanjutkan ke proses pengurusan lebih lanjut, Anda bisa mengkonfirmasinya terlebih dahulu melalui cara yang paling sederhana.

Lakukan Tes Kamera Ponsel.

Untuk melakukan ini, buka saja aplikasi kamera bawaan yang biasanya digunakan untuk foto dan selfie. Buka kamera utama, kalau bisa berfungsi seperti biasa kesimpulannya modul lensa hp masih normal.

Begitu pula sebaliknya, jika menggunakan aplikasi kamera bawaan tidak bisa berfungsi, maka bisa dipastikan penyebab kamera WhatsaApp error karena lensa ponsel rusak.

Cara mengatasinya tentunya melalui teknik bongkar pasang hp. Dan pastikan komponen lainnya, pasalnya masih belum 100% lensa.

Bisa jadi karena kekurangan dioda atau komponen perangkat keras lainnya. Untuk itu Anda bisa berkonsultasi ke tempat servis ponsel terdekat di kota Anda. Di sana Anda bisa mencari tahu, mengganti kamera atau perangkat keras lainnya.

Kedua, software. Penyebab kedua adalah perangkat lunak. Jika kamera WA gagal buka bisa disebabkan oleh software.

Apakah perangkat lunak itu?

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai UX pengguna dalam menggunakan berbagai fungsi sesuai dengan ketentuan perangkat keras tersebut. Perangkat lunak di sini dapat dibagi menjadi dua bagian. Yaitu sistem operasi atau ROM dan yang kedua adalah aplikasi.

Namun dalam hal ini alasan kamera pada aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan kemungkinan besar dipengaruhi oleh ROM. Tapi lebih ke pengaturan dan aplikasi wa yang terinstal di perangkat.

Kesalahan pengaturan sering kali merupakan sumber yang tidak terduga, atau file wa yang telah rusak atau rusak. Atau berbagai kemungkinan yang dapat mengakibatkan kegagalan fungsi kontrol atau penggunaan kamera langsung.

Baca Juga: Apa saja Fitur dari GBWhatsApp?

Mengatasi Kamera ‘WhatsApp Error’ Tidak Bisa Dibuka

1. Aplikasi whatsapp tidak merespon / error

Hal ini dapat terjadi, banyak hal yang dapat menyebabkan beberapa fitur dalam aplikasi tidak berfungsi. Termasuk kamera smartphone, proses langsung adalah perintah error yang mengakibatkan malfungsi.

Cara mengatasinya cukup mudah, kamu bisa restart HP kamu atau menutup semua aplikasi dan membukanya kembali. Langkah langkahnya :

  • Silahkan masuk ke menu dan pilih setting, lalu pilih “Terisntall Applications”.
  • Setelah di halaman Manajemen Aplikasi, silahkan pilih “WhatsApp”.
  • Kemudian pilih “Paksa berhenti”

Pada dasarnya semua merek ponsel Android untuk akses manajemen aplikasi ada di pengaturan. Baik Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus, Samsung dan lain sebagainya.

2. Aplikasi tidak diperbarui

Salah satu pentingnya mengupdate WhatsApp atau aplikasi lainnya yaitu memperbaiki bug. Bug artinya sangat penting untuk mengupdate setiap aplikasi, disisi lain biasanya juga disertai dengan penambahan fitur terbaru.

Biasanya update dilakukan secara otomatis, namun bisa juga dilakukan secara manual. Sedangkan pengguna WhatsApp resmi bisa melalui Google Play.

Cukup buka aplikasi Playstore di ponsel dan cari WhatsApp di kolom pencarian, lalu tekan tombol Update.

Atau…

  • Buka Google Playstore.
  • Kemudian pilih ikon tiga garis di sudut kiri atas.
  • Setelah itu silahkan pilih “aplikasi dan game saya”.
  • Kemudian cari aplikasinya, lalu tekan tombol update dan tunggu proses update selesai.
  • Setelah selesai memperbarui, Anda dapat memeriksa atau menguji kamera wa.

3. Data aplikasi dan cache penuh

File yang terdapat di smartphone akan terus menumpuk jika tidak dibersihkan. Ini berlaku untuk semua aplikasi, termasuk WA.

Cukup banyak manfaatnya, tetapi juga dapat menyebabkan beberapa masalah terjadi. Masalah umum dapat menyebabkan kesalahan, menutup program atau mengganggu fitur.

Cara membersihkan dan mengatasi error ‘itu mudah, hapus saja datanya dengan langkah-langkah di bawah ini:

Catatan: Back up data chat dan data whatsapp dulu biar aman.

1. Pertama, buka menu aplikasi dan pilih pengaturan hp.

2. Gulir dan cari “Aplikasi terinstal”.

3. Selanjutnya, pilih “aplikasi terinstal”.

4. Kemudian cari aplikasi WhatsApp, lalu “Tap”.

5. Terakhir, pilih “Hapus data”.

4. Kamera Tidak Diizinkan

Ini bukan bagian dari crash atau masalah serius, hanya masalah regulasi. Seperti yang kita ketahui, aplikasi WhatsApp membutuhkan akses ke berbagai aplikasi bawaan lainnya seperti kamera, kontak, file dan lain sebagainya.

Tentunya pemberian izin hanya bisa dilakukan oleh pengguna. Sehingga jika salah atau tidak dikasih maka akses kamera tidak bisa dibuka. Cara mengaktifkannya sebagai berikut.

Langkah Pertama, Buka menu smartphone dan pilih Pengaturan.

Kemudian selanjutnya pilih aplikasi yang diinstal dan cari “WhatsApp”.

Dan kemudian yang terakhir, selanjutnya pilih “izin aplikasi” dan aktifkan “izinkan kamera”.

Selesai.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.
Articles: 23

Leave a Reply