Cara Print Dokumen ke PDF di Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Windows 10 membawa banyak peningkatan, dan salah satu peningkatannya adalah kemampuan untuk Print sebuah dokumen ke PDF.

Hal demikian adalah tambahan fitur dari pihak windows yang dapat membantu banyak penggunanya, dan hari ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara print dokumen menjadi PDF di Windows 10.

Fitur print ke PDF tersedia untuk versi Windows sebelumnya harus dengan melalui penggunaan aplikasi pihak ketiga. Dikarenakan ini adalah salah satu fitur yang sangat populer, Microsoft memutuskan untuk menambahkan dukungan asli dari windows langsung agar bisa untuk print ke PDF.

Dengan demikian, artinya Anda sudah tidak perlu memasang lagi aplikasi atau driver pihak ketiga untuk mencetak ke PDF di Windows 10.

Meskipun banyak program yang memiliki opsi untuk mengekspor file saat ini sebagai PDF, opsi itu tetap membuat metadata dan informasi lain terlihat oleh siapa saja yang membuka file PDF tersebut.

Dengan adanya fitur print to PDF pada Windows 10, maka pengguna bakalan mendapatkan salinan file yang sama dalam format PDF, sama seperti jika dicetak, sehingga tidak ada metadata atau data sensitif lainnya yang dapat diungkap.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dengan menambahkan dukungan asli untuk bisa print dokumen ke PDF, Anda tidak perlu menggunakan lagi aplikasi pihak ketiga. Anda dapat langsung print dokumen ke PDF dari aplikasi apa pun di Windows 10 yang mendukung untuk pencetakan tersebut.

Cara Print Dokumen ke PDF di Windows 10

1. Print ke PDF

  1. Tekan Ctrl + P untuk print dokumen dari aplikasi apa pun. Beberapa aplikasi mungkin menggunakan pintasan yang berbeda, tetapi jika pintasan tadi tidak berfungsi, Anda selalu dapat menggunakan opsi Print dari menu.
  2. Sekarang Anda akan melihat Microsoft Print to PDF tersedia di daftar printer. silahkan pilih itu.
    print
  3. Klik tombol Print dan pilih di mana ingin menyimpan file PDF anda.

Print sebuah dokumen ke PDF di Windows 10 cukup simple dan sederhana, dan untuk print ke PDF, ikuti saja langkah-langkah yang dijelaskan di atas.

Seperti yang Anda lihat, prosedur print ke PDF cukup mudah dan gampang, dan jika Anda telah mencetak dokumen sebelumnya, Anda seharusnya sudah terbiasa dengan prosesnya.

2. Aktifkan Opsi Print to PDF

  1. Tekan Tombol Windows + S dan masukkan kata kunci “Windows Features“.
  2. Pilih Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows.
    windows features
  3. Setelah jendela Windows Features terbuka, cari Microsoft Print to PDF dan pastikan sudah diaktifkan. Jika tidak, aktifkan dan klik OK.
print ke pdf

Jika karena alasan tertentu opsi Print ke PDF hilang dari daftar printer, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

3. Instal Ulang Printer PDF

  1. Silahkan klik tombol Windows + S dan masukkan kata kunci “advanced printer setup“.
  2. Pilih Advanced Printer Setup pada menu tersebut.
    advanced-printer-setup
  3. Klik pada bagian bawah jendela yang bertuliskan “The printer that I want isn’t listed“.
    printer-i-want-isnt-listed
  4. Kemudian pilih Add a local printer or network printer with manual settings, dan klik Next.
    tambahkan lokal partner
  5. Pilih Use an existing port dan pada pilihan menu tersebut pilih FILE: (Print to File). Klik Next.
    print ke file
  6. Selanjutnya pilih Microsoft  pada bilah kiri dari Manufacturer list dan Microsoft Print to PDF pada bilah kanan dari Printers list. Klik Next.
    driver microsoft
  7. Pilih Use the driver that is currently installed (recommended) dan klik Next.
    menggunakan driver
  8. Masukkan nama untuk printer baru dan klik Next. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika opsi Print ke PDF masih juga hilang, Anda mungkin harus menginstal ulang printer PDF Anda. Setelah Anda memasang printer, seharusnya terlihat opsi Print ke PDF dan Print dokumen ke PDF di Windows 10.

Print to PDF adalah fitur yang sangat berguna, dan tidak mengherankan jika Microsoft menambahkan fitur tersebut di windows 10 mereka agar bisa print dokumen ke pdf tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara kerja fitur tersebut, pastikan untuk mencobanya sendiri nanti. Beri tahu saya di komentar jika langkah-langkah ini berhasil untuk Anda.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.
Articles: 41

Leave a Reply