Open Source Adalah?

Afindo Komputer – Open Source adalah sebuah istilah yang dipakai untuk penyebutan sebuah sofware komputer yang artinya ialah bebas. Ini berarti memungkinkan para user lain agar bisa membuka source code dari program. Sehingga mereka bisa mengetahui dengan jelas cara kerja dari software yang dimaksud.

Disamping itu juga, siapa saja dapat mengubah serta boleh memperbaiki. Tidak hanya itu, siapapun juga diperbolehkan untuk mengembangkan software tersebut guna memperoleh kinerja yang lebih baik lagi.

Software Open Source adalah buah dari rapat yang diprakarsai oleh Netscape.

Penggagas Software ini ialah seorang yang bernama Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya yaitu Richard Stallman ketika tahun 1998 lalu.

Software tersebut akhirnya mulai berkembang pesat sesudah lahirnya sistem operasi linux yang bisa diperoleh secara cuma-cuma alias gratis di internet yang pada saat itu juga tengah merajalelanya sistem operasi keluarga windows yang mengusung lisensi close source.

Keberhasilan dari software open source juga tidak lepas dari peran komunitas yang suka dalam mempelajari dan mengembangkan software dengan basis open source.

Kelebihan dan Kekurangan Software Open Source

open source

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang terdapat pada software open source, diantara kelebihannya adalah:

  • Software Open Source pada dasarnya dikembangkan oleh suatu lembaga maupun komunitas yang memang ahli dibidangnya yang dikerjakan secara bersama-sama. Dengan demikian masalah yang ditemukan bisa dengan cepat teratasi.
  • Memiliki fitur yang beragam serta kompleks dan juga mempunyai kemampuan yang baik.
  • Software tersebut memiliki lisense GPL (General Public Licence) sehingga para user (pengguna) tidak dikenakan biaya untuk dapat menggunakan software tersebut.

Kekurangan

Kekurangan dari sebuah software yang berbasis open source, diantaranya adalah:

  • Tampilan dari suatu software berbasis terbuka ini cenderung agak rumit untuk para pengguna yang masih tergolong pemula.
  • Ada juga sejumlah produk dari software open source mempunyai kinerja tidak lebih bagus ketimbang software close source (berbayar).
  • Para user yang masih pemula juga sering menjumpai kesulitan dalam proses instalasi serta juga saat menggunakan software tersebut.

Contoh Software (Program) yang Berbasis Open Source

Sistem Operasi (OS) Untuk komputer : Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse).

Untuk Smartphone : Android, Firefox OS.

Aplikasi : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE, XAMPP, mozilla Firefox, VideoLAN, LibreOffice, Filezilla, OpenOffice, Mplayer, dll.

Summary

Well, itulah dia beberapa poin terkait dengan penjelasan apa yang dimaksud dengan software berbasis terbuka tersebut. Mulai dari pengertiannya, kekurangan, kelebihan, bahkan sampai pada contoh open source software untuk setiap sistem operasi.

Saya harap kamu semua yang sudah mengunjungi web ini mulai paham dan sudah mendapatkan gambaran mengenai penjelasan di atas tersebut.

Nantinya saya juga akan kembali dengan artikel yang membahas mengenai clouse source. Kebalikan dari software yang sedang kita bahas ini.

Ditunggu saja ya.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.

One comment

  1. […] Linux adalah sebuah sistem operasi berlisensi gratis dan open source. Bagi kamu yang belum mudeng apa yang dimaksud dengan open source, bisa dibaca pada artikel: Open Sorce Adalah? […]

Leave a Reply