Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi di PC

Afindo KomputerDisini saya hanya membahas 2 OS yang sering digunakan untuk melakukan programming software, yaitu Windows dan Linux, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu Sistem Operasi.

Karena kedua operating system tersebut sering di pakai pada komputer atau PC. Kecuali macbook yang mana mereka menggunakan OS (Operating System) milik sendiri, yaitu macOS.

Lanjut kita bahas.

Pengertian Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi atau Operating System (OS) adalah sekumpulan perintah atau instruksi dari program-program yang berfungsi sebagai interface antara brainware dengan hardware dalam mengatur semua pengoperasian dasar komputer.

System operasi berperan sebagai nyawa pada sebuah komputer.

Mengapa demikian?

Karena tanpa sistem operasi, sebuah komputer atau laptop tidak bisa digunakan. Banyak jenis OS yang dikembangkan antara lain UNIX, GNU/Linux, Microsoft Windows, SUN Solaris dan BSD.

Macam-macam Sistem Operasi (OS)

OS Windows

sistem operasi windows

Microsoft Windows merupakan sebuah sistem operasi berbasiskan Graphic User Interface (GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation.

OS ini banyak digunakan untuk keperluan server dan desktop/sehari-hari. Windows juga merupakan OS terbanyak penggunanya karena kemudahan UI. Bahkan untuk orang awam sekalipun.

Windows digunakan sebagai sarana belajar pemrograman karena banyak software pemrogaman yang kompatibel dengan Windows.

OS Linux

sistem operasi linux

Linux adalah sebuah sistem operasi berlisensi gratis dan open source. Bagi kamu yang belum mudeng apa yang dimaksud dengan open source, bisa dibaca pada artikel: Open Sorce Adalah?

Bermula dari Richard Stallman (1985) yang mendirikan Free Software Foundation untuk mendukung proyek GNU (GNU’s not Unix).

Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah operating system yang handal yang sepenuhnya gratis.

Saat ini, linux banyak dikembangkan menjadi system operasi lain, beberapa diantaranya ada system operasi untuk smartphone, komputer tablet, desktop, dan peranti lainnya.

Linux juga digunakan sebagai OS akar yang dapat digunakan untuk membuat OS baru dari dasar Linux itu sendiri. Selain itu, Linux juga kompatibel dengan banyak software pemrograman yang tentunya akan mempermudah para pengembang (developer).

Summary

Nah, dari 2 OS tadi, mana yang paling cocok untuk kamu gunakan? Pilihlah sesuai kenyamanan dan keinginan kamu agar nantinya dalam menggunakan sebuah PC, baik laptop maupun komputer bisa mudah untuk kamu pakai dalam kegiatan atau aktifitas sehari-hari.

Semoga dengan adanya pembahasan tentang OS di atas, semakin membuat kamu paham mengenai seluruh selak beluk mengenai dunia teknologi, khususnya komputer.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.

One comment

  1. […] bisa mengonfigurasi sistem operasi windows 10 untuk menampilkan atau menyembunyikan file tersembunyi dengan langkah mudah yang dapat […]

Leave a Reply