5 Unit Fungsional dan Operasional Dasar Pada Komputer

Afindo Komputer – Sebelumnya saya sudah membagikan artikel berupa pembahasan lengkap mengenai Hardware komputer. Nah, kali ini kita akan memasuki ke pembahasan mengenai unit fungsional komputer atau bagian utama pada sebuah komputer atau PC.

Sebuah komputer mempunyai 5 bagian utama sesuai fungsinya (unit fungsional komputer), yaitu:

Unit Fungsional Komputer

struktur unit fungsional komputer
Struktur/Bagan Unit Fungsional Komputer

Unit Input (Input Device)

Unit input (input device) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer.

Setiap komputer mempunyai input device dasar seperti keyboard dan mouse. Selain itu input device tambahan seperti scanner, microphone, joystick, dan webcam.

Informasi yang diinputkan pengguna dapat berupa data atau instruksi.

Instruksi, atau biasanya disebut machine instruction, adalah perintah eksplisit yang:

  • Mengatur transfer informasi, baik di dalam komputer maupun antara komputer dengan alat I/O (Input Output).
  • Menentukan operasi aritmatika dan logic mana yang akan dipakai untuk mengolah data.

Daftar instruksi yang menyelesaikan suatu proses tertentu disebut program. Biasanya, program disimpan di memori.

Data adalah angka/huruf/karakter yang tersandi, yang akan menjadi objek operasi dari instruksi. Namun kadang “data” juga digunakan untuk mewakili semua informasi digital yang akan diolah pada komputer.

Unit Memori (Memory)

Unit memori adalah fungsinya untuk menyimpan program dan data. Terbagi menjadi 2 yaitu:

1. RAM

Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan data sementara. RAM juga bisa disebut dengan memori primer.

Memori primer adalah memori yang cepat dan beroperasi dalam kecepatan elektronis. Memori ini bertugas menyimpan data yang akan diolah. Contoh memori primer adalah RAM (Random-Access Memory) itu sendiri.

Di dalam memori primer ada lokasi-lokasi tertentu yang digunakan untuk menyimpan data yang berbeda. Tiap lokasi ini memiliki semacam alamat/address berupa angka untuk pengaksesannya.

Hal ini dapat dianalogikan dengan lemari locker yang berisi banyak kotak kosong yang memiliki nomor, sehingga setiap locker/nomor memiliki kunci yang berbeda. Untuk membuka locker ini kita harus menggunakan kunci yang tepat pada nomor/alamat yang diinginkan.

Walaupun memori primer sangat penting dan cepat, namun harganya sangat mahal. Untuk mendapat 2 Gigabyte RAM saja perlu merogoh kocek yang lumayan.

Oleh karena itu, memori sekunder dibutuhkan untuk menyimpan data yang besar, namun hanya diakses sesekali/tidak sering.

2. ROM

Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca sebagai penyedia informasi saat komputer pertama kali dihidupkan. Nah, ROM inilah yang disebut dengan memori sekunder seperti yang telah disebutkan di atas.

Banyak sekali memori sekunder yang tersedia, misalnya Harddisk, CD ROM, dll.

Unit Aritmetika dan Logika (Central Processing Unit)

Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari sistem komputer yang memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu: Arithmetical and Logic Unit (ALU) sebagai pusat pengolahan data dan Control Unit (CU) sebagai pengendali kerja komputer.

Meskipun yang dilakukan sangat sangat sederhana, bahkan anak SD sekalipun bisa melakukannya. Namun prosesor melakukan operasi ini dengan sangat sangat cepat, bisa berjuta operasi per detik.

Hal inilah yang membedakan komputer dengan manusia, yaitu kecepatannya, yang membuat komputer seolah terlihat lebih pintar, padahal yang dilakukannya hanyalah melakukan perhitungan simpel ala anak SD.

Yang penting dari ALU adalah adanya memori tambahan yang disebut register yang terletak di sirkuit prosesor.

Meskipun kapasitasnya kecil, register memiliki waktu akses yang sangat cepat, bahkan paling cepat diantara jenis-jenis memori lainnya.

Hal ini penting untuk mendukung fungsi prosesor dalam mengolah data, yang membutuhkan waktu secepat mungkin.

Unit Output

Unit fungsional komputer yang keempat yaitu output. Pengertian unit output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Misalnya: monitor, printer, hasil scanner, speaker, dll.

Output adalah lawan dari input. Fungsinya adalah untuk mengirim informasi ke dunia luar atau ke pengguna yang membutuhkan.

Unit Kontrol

Unit Kontrol secara efektif merupakan syaraf yang mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut. Secara ringkas, struktur operasi satu komputer adalah sebagai berikut:

  1. Komputer menerima informasi dalam bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpannya dalam memori.
  2. Informasi yang disimpan dalam memori diambil, dibawa Control Program ke unit aritmetika dan logika dimana informasi tersebut akan diproses.
  3. Informasi yang telah diolah ditampilkan melalui output device.
  4. Semua kegiatan dalam komputer tersebut diarahkan oleh Unit Kontrol.

Unit control mengkoordinasikan semua unit lainnya, bagaikan sistem saraf yang mengendalikan pergerakan manusia dengan mengirim sinyal perintah dan mendeteksi rangsangan/keadaan alatnya.

Wujud dari kontrol unit itu sendiri kadang BUKANLAH berupa suatu alat mandiri yang secara fisik terpisah dari alat lainnya di dalam komputer, namun control unit tersebar di seluruh komponen komputer.

Misalnya adalah kontrol unit dalam kabel-kabel, atau jalur kontrol, yang membawa sinyal yang diperlukan untuk timing dan sinkronisasi event-event di semua unit.

Summary

Jadi, itulah beberapa unit fungsional komputer yang ada pada sebuah komputer. Kelima bagian dasar tersebut sudah tentu ada pada sebuah perangkat komputer atau PC kamu.

Semoga bisa dijadikan bahan referensi untuk kamu, sekaligus sebagai pengetahuan mengani selak beluk komputer itu sendiri.

Default image
Afindo Kei
Owner of www.afindokomputer.com. Pria yang pernah merasakan cinta, namun tidak berjalan sesuai harapan. Here is it, kini gw mengalihkan seluruhnya ke depan laptop.

One comment

  1. […] Komputer – Karena sebelumnya saya sudah sharing pengetahuan dasar tentang apa saja unit fungsional komputer. Sekarang kita bisa lanjut pada materi dasar komputer selanjutnya yaitu mengenai struktur dan […]

Leave a Reply